Wednesday, May 15, 2013

Pembuatan Pupuk Organik Dari Kotoran Sapi


Agrotekno Sarana Industri
085741862879
Jual Starter Untuk Fermentasi Kompos Dan Pakan Ternak : Aspergillus niger, Aspergillus oryzae, Aspergillus sojae, Saccharomyces sp. Lactobacillus sp. Bacillus sp, Micrococcus sp. streptococcus sp dll....



Selain menghasilkan daging, usaha peternakan juga menghasilkan produk sampingan berupa limbah kotoran ternak (feses). Limbah ternak dapat diolah untuk dijadikan kompos dan sebagai bahan baku penghasil biogas. Dengan adanya pengolahan limbah ternak ini selain dapat mengatasi masalah lingkungan juga dapat memberikan nilai tambah bagi peternak karena mempunyai nilai ekonomis. Pembuatan kompos dapat mendukung kegiatan pertanian untuk mengembalikan kesuburan lahan. Adapun pembuatan biogas dapat dijadikan alternatif pengganti sumber energi yang tidak dapat diperbaharui seperti bahan bakar fosil. Selain menghasilkan gas metan, biogas juga menghasilkan pupuk organik padat dan pupuk organik cair.

Kotoran sapi dapat dibuat menjadi beberapa jenis kompos yaitu curah, blok, granula dan bokhasi. Kompos sebagai pupuk organik yang berbahan kotoran sapi mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan pupuk anorganik. Selain itu, kompos juga mempunyai prospek dan peluang yang besar untuk dipasarkan secara lebih meluas untuk mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia. Penyediaan kompos organik yang berkelanjutan dan praktis dapat mempermudah petani untuk memanfaatkannya sebagai penyubur tanah.

Kompos merupakan pupuk organik yang berasal dari sisa tanaman dan kotoran hewan yang telah mengalami proses dekomposisi atau pelapukan. Selama ini sisa tanaman dan kotoran hewan tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan sebagai pengganti pupuk buatan. Kompos yang baik adalah yang sudah cukup mengalami pelapukan dan dicirikan oleh warna yang sudah berbeda dengan warna bahan pembentuknya, tidak berbau, kadar air rendah dan sesuai suhu ruang. Proses pembuatan dan pemanfaatan kompos dirasa masih perlu ditingkatkan agar dapat dimanfaatkan secara lebih efektif, menambah pendapatan peternak dan mengatasi pencemaran lingkungan.

Proses pengomposan adalah proses menurunkan C/N bahan organik hingga sama dengan C/N tanah ( 20). Selama proses pengomposan, terjadi perubahan-perubahan unsur kimia yaitu : 1) karbohidrat, selulosa, hemiselulosa, lemak dan lilin menjadi CO2 dan H2O; 2) penguraian senyawa organik menjadi senyawa yang dapat diserap tanaman. Kompos merupakan salah satu komponen untuk meningkatkan kesuburan tanah dengan memperbaiki kerusakan fisik tanah akibat pemakaian pupuk anorganik (kimia) pada tanah secara berlebihan yang berakibat rusaknya struktur tanah dalam jangka waktu lama. Mengingat pentingnya pupuk kompos dalam memperbaiki struktur tanah dan melambungnya harga pupuk buatan maka perlu disusun buku petunjuk teknis pembuatan kompos organik berbahan kotoran sapi untuk memudahkan petani dalam memanfaatkan kotoran sapi, sekaligus memproduksi pupuk organik yang akhirnya akan menambah pendapatan.

Manfaat kompos organik diantaranya adalah 1) memperbaiki struktur tanah berlempung sehingga menjadi ringan; 2) memperbesar daya ikat tanah berpasir sehingga tanah tidak berderai; 3) menambah daya ikat tanah terhadap air dan unsur-unsur hara tanah; 4) memperbaiki drainase dan tata udara dalam tanah; 5) mengandung unsur hara yang lengkap (jumlah tersebut tergantung dari bahan pembuat pupuk organik); 6) membantu proses pelapukan bahan mineral; 7) memberi ketersediaan bahan makanan bagi mikroba; 8) menurunkan aktivitas mikroorganisme yang merugikan. Pengolahan kotoran sapi yang mempunyai kandungan N, P dan K yang tinggi sebagai pupuk kompos dapat mensuplai unsur hara yang dibutuhkan tanah dan memperbaiki struktur tanah menjadi lebih baik, sehingga pertumbuhan tanaman menjadi semakin optimal.

Pembuatan kompos diawali dengan pengumpulan kotoran sapi dengan cara pemanenan dari kandang. Sebelum diproses menjadi pupuk kompos, kotoran sapi ditampung dalam tempat yang disediakan khusus yang letaknya agak berjauhan dengan tempat penyimpanan pakan dan kandang, selanjutnya jika mencapai jumlah yang dibutuhkan dapat diproses menjadi kompos dalam bentuk curah, blok, granula dan bokhasi.

Kotoran yang dipanen dari kandang diangin-anginkan di tempat teduh selama 2 bulan di musim hujan atau 1 bulan di musim kemarau, kotoran dihancurkan dan diayak dengan ukuran lubang 0,5 x 0,5 cm. Kemudian ditambahkan tanah humus, kapur, diaduk, setelah rata di ayak, ditambahkan bahan aktifator. Bahan aktifator pembuatan kompos dapat diperoleh di toko-toko pertanian. Dapat pula dengan menambahkan bahan-bahan organik lainnya seperti kotoran ayam, sekam, bekatul, dan lain-lain.

Setelah proses pencampuran dan pengadukan bahan-bahan kompos, maka bahan kompos tersebut kemudian ditutup dengan menggunakan plastik atau dengan menggunakan terpal kurang lebih satu minggu-sebulan. Agar proses fermentasi dapat berlangsung dengan baik, maka diusahakan tempat untuk proses fermentasi tersebut terlindung dari hujan dan terik panas yang berlebihan.

Setelah proses fermentasi cukup, maka bahan kompos tersebut kemudian diayak untuk menghilangkan bahan-bahan kasar. Setelah diayak kemudian digiling dengan menggunakan mesin penggiling hingga dihasilkan pupuk kompos yang halus. Setelah itu, pupuk kompos dikemas dengan menggunakan karung dengan ukuran 20 Kg.








Rating: 4.5 out of 5

8 comments:

kalagondang

gooodd

Tulang Lunak Gerobakan

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1435H.
Informasi yang sangat BERMANFAAT..
Terima kasih..
Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
==============================

Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
~
..Bukan SULAP bukan SIHIR
Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
~
Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
~
Anda akan mendapatkan :
-. Gerobak
-. Peralatan masak bakar
-. Peralatan masak goreng
-. Kompor, tabung gas & regulatornya
-. Brosur
-. Spanduk
-. Poster
-. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
-. Kaos
-. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
~
Materi inti Training Pelayanan :
-. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
-. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
-. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
-. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
~
Silakan kunjungi web kami:
~
www.tulanglunakgerobakan.com
~
atau :
Telpon & HP :
081318374450 (Telkom)
08561070103 (Indosat)
081806396669 (XL)
021-94946600 (esia)
021-70264774 (Flexi)
Kantor: 021-4759274
PIN BB : 28C97C54
email : bumi.amrita@ymail.com
~
& dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
Menu-menu andalan kami adalah :
1. Ayam Bakar Tulang Lunak
2. Ayam Goreng Tulang Lunak
3. Pepes Ayam Tulang Lunak
4. PepesCeker Tulang Lunak
5. Bebek Bakar & Goreng
~
Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
- Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
- ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
~
Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
1. Program Dalam Kota
2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
Terdiri :
-. Paket Usaha Standar
-. Mesin Presto
-. Training Produksi
Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
Info lebih lanjut bisa dilihat di :
http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
~
Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
2 pepes ayam tulang lunak
2 pepes ceker ayam tulang lunak
2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
~
Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
& calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
~
Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
~
SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
~
~

maulana gemilang

Assalamualaikum,,
Saya dari MSG 3 mau menawarkan formula yang berguna untuk pembuatan pupuk kompos dalam waktu 1-2 hari, ,sudah saya buktikan dan hasil dari pupuk kompos sesuai dengan standar nasional (sudah di uji lab )
Formula yang dibutuhkan adalah laktobio MSG3, Suplemen MSG3 dan kapur pertanian,,
Untuk pembuatan kompos sebanyak 2ton kotoran sapi ,kotoran ternak yang lain atau sampah yang sudah digiling hanya dibutuhkan 50 gram Laktobio MSG 3, 50 gram Suplemen MSG 3 dan 2,5kg kapur pertanian (bisa beli di toko pertanian) dan air 200L .
Harga 1 paket :
berisi :
50 gram laktobio MSG 3
50 Gram suplemen MSG 3
hanya Rp.90.000( belum termasuk ongkos kirim)
untuk bahan lain seperti 2.5 kapur pertanian bisa di beli di toko pertanian karena kalo dikirim dari kami akan mahal di ongkos kirim .
Proses pembuatan formulasi MSG 3:
1. Masukan 2.5kg kapur ke dalam drum kapasitas 200L dan rendam dengan air , tunggu sampai kapur mengendap
2. Pisahkan endapan kapur dengan air hasil rendaman kapur tersebut (endapan kapur dapat digunakan lagi)
3. Masukan laktobi sebanyak 50 gram ke dalam air hasil rendaman kapur tadi
4. Kemudian masukan suplemen sebanyak 50 gram
5. Setelah di campurkan aduk sampai rata
6. Diamkan beberapa saat dan formulasi bisa langsung digunakan
Proses pembuatan pupuk kompos :
1. Kotoran ternak yang masih baru atau yang sudah di simpan di ratakan di atas tanah yang lapang dan tersinari matahari dengan cukup kurang lebih tebalnya 10cm
2. Masukan cairan formulasi MSG 3 tadi ke gembor atau alat penyemprot lainnya
3. Semprotkan atau siramkan cairan formulasi MSG 3 tersebut secara merata ke kotoran sapi
4. Setelah di semprot diam kan beberapa saat dan tunggu warna berubah menjadi kecoklatan
5. Apabila warna sudah mulai kecoklatan semprot lagi kotoran sapi tersebut dengan cairan formulasi , ulangi langkah tersebut 3 sampai 4 kali
6. Pada penyemprotan ke tiga bau amoniak kotoran sapi akan berangsur menghilang
7. Biarkan kotoran sapi tersebut kering dengan bantuan sinar matahari
8. Diamkan satu hari , dan keesokan harinya pupuk kompos sudah siap untuk digunakan
Untuk info lebih lanjut bisa langsung klik link ini :
http://agribisnismsg3.blogspot.com/…/pembuatan-pupuk-kompos…
selain untuk pembuatan kompos air dari campuran formula dapat digunakan untuk:
1. Steriliasai tambak, kolam ikan, kandang ayam , kandang sapi dll
2.Untuk penyimpanan buah dan sayuran agar hama dan penyakit tidak masuk ke tempat penyimpanan
3. Sebagai penghilang bau menyengat seperti sampah
4. Pengusir lalat
5.Untuk pengolahan sampah agar tidak bau dan bisa langsung dimanfaatkan sebagai pupuk kompos
Untuk formula dapat di beli di kami :
hubungi 087830003499
PIN 32F8D220
email : maulanagemilang38@gmail,com
melayani KONSULTASI GRATIS
Link video youtube saat penggunaan formula untuk penanganan sampah :
https://www.youtube.com/watch…
-MS Group-

Ramuan Tradisional Mengobati Penyakit Gula

obat kolesterol : obat diabetes melitus : kulit manggis : obat tradisional tbc tulang : obat pelangsing : cara pemesanan ace maxs : rahasia kuat dan tahan lama di ranjang : jual minyak ikan : slimming capsule green world : vig power capsule green world

Cara Pesan Jelly Gamat Gold G

We stumbled over here from a different web page and thought I might check things out.
Cara Pemesanan Jelly Gamat Gold G We’ve always promised to protect the things that are the most important to them: their assets, their peace of mind and even their dreams, La sélection alternative de la semaine #23? : en français, le symbole pour « numéro » est « N° ». Pourquoi ne pas l’utiliser, au lieu du croisillon anglosaxon ?
C’est trop moche ? we i me andriana

Stress Penyebab Maag Tertinggi

nambah pengetahuan

Herdian Renaldy

Atasi Kebutuhan Lahan Pertanian dan Perkebunan Anda

Kami sebuah perusahaan produsen pupuk terbesar di indonesia sedang mencari agent, distributor dan partner yang dapat bekerjasama untuk mendistribusikan produk pertanian dan perkebunan yang dapat meningkatkan hasil dari pertanian dan perkebunan diwilayah bogor dan sekitarnya.

Adapun produk yang akan dipasarkan adalah:

- Beka OPTIMA
- Pomi OPTIMA

Fungsi dari kedua nya adalah dapat menyuburkan tanah dan lahan pertanian dan perkebunan sehingga menciptakan produktifitas pertanian dan perkebunan meningkat 30 s/d 70 persen dari produktifitas sebelumnya.

"PETANI CERMATI"

CERdas :
- POMI OPTIMA , menghasilkan tanaman yang sehat dan hasil meningkat lebih dari 30%, cara aplikasi yang mudah, cocok untuk petani dengan pola tanaman organik, anorganik maupun dengan pola tanaman bebas pestisida.
- Dekomposer plus Beka Optima, menghasilkan kompos berkualitas, baik pengompposan insitu maupun non insitu. Proses pengomposan tidak berbau, ramah lingkungan dan menekan pertumbuhan jamur atau penyakit disebabkan bakteri.
- POMI OPTIMA dan Beka Optima aman bagi manusia maupun hewan, tidak beracun dan berbau busuk dan tidak masalah terkena tangan secara langsung.

heMAT :
- POMI OPTIMA akan meningkatkan KTK (Kapasitas Tukar Kation) tanah sehingga bisa menghemat pemakaian pupuk kimia (sampai 50%)
- Praktis dalam pemakaian dan tidak diperlukan bahan tambahan tetes tebu, Urea, atau bahan lainya, Cukup dicampur air saja.
- Dekomposer plus Beka Optima sangat hemat, 1 liter dipakai untuk mengomposkan bahan organik sebanyak 3-5 ton.

Ibadah :
- POMI OPTIMA akan mengembalikan unsur-unsur mikroba alam yang mati karena pemakaian pestisida (insektisida dan herbisida) yang sangat berlebihan.
- Dekomposer plus Beka Optima akan menurunkan pemakaian bakterisida atau herbisida, sehingga tidak lagi banyak racun yang harus diterima oleh tanah.
- Bahan-bahan organik yang terbuang dapat dimanfaatkan menjadi kompos yang berkualitas.
- Pemakaian POMI OPTIMA akan menghidupkan jasad-jasad retnik yang berguna menyuburkan tanah dan ekosistem tanah menjadi lebih seimbang.
- Dengan POMI OPTIMA dan Beka Optima dapat meningkatkan pendapatan petani sekaligus memperbaiki lahan menjadi subur dan ramah lingkungan, untuk diwariskan ke anak cucu.


* Penjelasan singkat POMI OPTIMA

- Pomi Optima Mengandung Pelarut P, Bakteri Penambat N, Penghasil Fitohormon perombak bahan organik yaitu: Rhizobium sp, Azotobacter sp, Bacillus sp, Azospirillum sp, Pseudmonas sp, Lactobacillus sp, Aspergillus sp, Actinomycetes dan Yeast dengan jumlah >10 cfu/ml.
- Mengandung Unsur Hara Makro :N,P,K,Ca & Mg.
- Mengandung Unsu Hara Mikro : Fe,Mn,Cu,Zn,B,Co & Mo.


* Penjelasan singkat Beka OPTIMA

Terbuat dari bahan-bahan organik ramah lingkungan yang mengandung mikroba perombak bahan organik selulotik/ligolitik, mikroba fungsional serta mikroba penghasil fitohormon : Lactobacillus sp, Azotobacter sp, Saccharomyces sp, Aspergillus sp, Tricoderma sp, Peacilomyces sp, Bacillus sp, Pseudomonas sp, Actinomycetes serta Yeast dengan jumlah >10 cfu/ml.



Untuk informasi dan pemesanan, bisa menghubungi saya:

Herdy
085772121278
02197984018
Pin BB : 256F3905

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi
pencerahan bagi segala kebutuhan Pertanian dan Perkebunan anda.

NB:
Segeralah bergabung menjadi agen dan distributor diperusahaan kami dan dapatkan bisnis dan usaha menarik yang dapat mejadi income/penghasilan untuk memenuhi kebutuhan anda.



Thx
Herdy
Spv Development Program
Retail Sales & Marketing Support

obat amandel

This is the most interesting information and fit into our topic. obat amandel and obat luka diabetes and cara menghilangkan miom di rahim and walatra gamat emas kapsul

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Total Pageviews

Jual Aneka Media Mikroba Dan Jasa Uji Lab

AGROTEKNO-LAB

AGROTEKNO-LAB
Jual Aneka Jenis Mikrobia Untuk Industri Dan Penelitian

Aspergillus niger

Aspergillus niger
Untuk fermentasi pakan ternak

agrotekno77@gmail.com

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright © 2012. MITRA AGROBISNIS DAN AGROINDUSTRI. Telp. 087731375234 - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz