Sunday, June 23, 2013

Menyediakan Mesin Pemotong Nata



Agrotekno Sarana Industri
085741862879


Proses produksi nata de coco, nata de cassava, atau nata de soya memerlukan waktu kurang lebih 7-9 hari setelah difermentasi dengan bakteri Acetobacter xylinum. Proses pemananen dilakukan apabila nata yang meruapakan selulosa hasil fermentasi oleh bakteri Acetobacter xylinum sudah optimum yaitu mencapai ketebalan 0,9 – 1,2 cm, kemudian dicuci dan ditampung dengan menggunakan drum plastik dan direndam air. Nata hasil panen yang ditampung dalam drum plastik kemudian disimpan dalam ruangan yang terlindungi dari sinar matahari langsung. Nata yang terkena sinar matahari langsung akan mudah rusak yaitu timbul gelembung-gelembung pada permukaannya yang menyebabkan nata menjadi tidak rata. Selama masa penyimpanan, harus dilakukan penggantian air secara rutin kurang lebih 3-5 hari sekali. Proses penggantian air tersebut bertujuan untuk menjaga kualitas produk.

Nata hasil panen dalam bentuk lembaran masih berasa tawar sedikit asam merupakan bahan baku produk minuman siap saji. Nata dalam bentuk lembaran masih merupakan bahan setengah jadi belum siap konsumsi dan nilai tambahnya masih rendah. Jika nata akan dikemas menjadi minuman instan maka nata yang masih dalam bentuk lembaran dipotong-potong terlebih dahulu menjadi bentuk dan ukuran sesuai yang diminta pasar. Pemotongan dapat dilakukan dengan menggunakan pisau, gunting, mesin stainless. Jika produksi dalam skala besar maka harus dengan mesin sehingga lebih efesien.

Nata lembaran dicuci dengan menggunakan air hingga bersih untuk menghilangkan lendir dan menetralisir sifat asam. Pencucian dilakukan juga bertujuan agar nata tidak mudah terkena jamur. Nata lembaran yang sudah bersih, dipotong dengan ukuran kira-kira 1x1 cm2 berbentuk kubus dengan menggunakan pisau, gunting stainless atau mesin pemotong otomatis. Nata yang sudah dalam bentuk potongan tersebut kemudian dicuci lagi untuk menghilangkan kotoran yang masih melekat. Mesin pemotong nata terbuat dari besi stainless tahan karat, dilengkapi pisau ulir yang digerakkan dengan dinamo motor.

Rating: 4.5 out of 5

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Total Pageviews

Jual Aneka Media Mikroba Dan Jasa Uji Lab

AGROTEKNO-LAB

AGROTEKNO-LAB
Jual Aneka Jenis Mikrobia Untuk Industri Dan Penelitian

Aspergillus niger

Aspergillus niger
Untuk fermentasi pakan ternak

agrotekno77@gmail.com

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright © 2012. MITRA AGROBISNIS DAN AGROINDUSTRI. Telp. 087731375234 - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz