Monday, June 24, 2013

Modal Kecil Untung Berlipat Usaha Tahu-Tempe Dan Nata De Soya



Agrotekno Consultant
087731375234


Jual Ragi Tempe, Ragi Kecap, Tauco, Bakteri Acetobacter xylinum, Saccharomyces cerevisiae

Industri tahu dan tempe adalah industri yang sudah sejak dahulu kala dikenal di Indonesia. Industri yang umumnya dalam skala rumah tangga ini seringkali dipandang remeh sebagai bisnis kelas bawah yang tak menjanjikan. Namun siapa sangka, telah banyak para pengusaha bisnis tahu dan tempe memiliki penghasilan di atas layak, mampu menyejahterakan keluarga dan memberi lapangan pekerjaan bagi orang lain. Industri tahu dan tempe mampu menghasilkan laba yang cukup menggiurkan yaitu di atas 40% dari biaya operasionalnya.

Produk tahu dan tempe memiliki pangsa pasar yang sangat luas karena sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai produk berbahan baku kedelai ini. Selain cita rasanya yang nikmat, gizinya tinggi, juga harganya terjangkau. Tingginya harga daging sebagai sumber protein, menyebabkan tahu dan tempe menjadi alternatif pilihan bagi konsumen sebagai pemenuh gizi yang terjangkau. Menu tahu dan tempe sudah sangat familier sebagai kuliner yang banyak kita jumpai di warung kelas warteg hingga restoran papan atas.

Dari limbah cair yang dihasilkan industri tahu dan tempe, dapat diolah menjadi produk bernilai ekonomis yaitu nata de soya. Limbah cair yang memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi tersebut umumnya masih dibuang begitu saja dan mencemari lingkungan. Produk nata merupakan produk pangan berupa jely, kenyal, berwarna putih yang banyak digunakan sebagai bahan campuran minuman kemasan siap saji. Saat ini, produk minuman kemasan berbahan baku nata banyak didominasi oleh nata de coco-nata berbahan baku air kelapa. Tingginya permintaan nata de coco oleh pabrik minuman kemasan belum terpenuhi oleh pasokan yang ada, sehingga menjadi peluang bagi produk nata de soya yang memiliki tekstur cukup bagus untuk menyubstitusi produk nata de coco. Di Indonesia, nata de coco sudah sangat populer dan banyak digemari baik kalangan anak-anak maupun orang dewasa karena memiliki cita rasa nikmat dan kandungan seratnya tinggi. Oleh karena itu pengolahan limbah cair industri tahu dan tempe menjadi produk nata de soya merupakan solusi mengatasi pencemaran lingkungan akibat limbah industri pangan dan menjadi peluang alternatif bisnis yang prospektif

Proses produksi yang mudah dan sederhana, bahan baku dan tenaga kerja yang mudah didapat, investasi rendah, menjadikan industri tahu-tempe dan nata de soya menjadi pilihan yang tepat untuk berwirausaha. Kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi?. Selamat menjadi pengusaha dan sukses!!!

Rating: 4.5 out of 5

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Total Pageviews

Jual Aneka Media Mikroba Dan Jasa Uji Lab

AGROTEKNO-LAB

AGROTEKNO-LAB
Jual Aneka Jenis Mikrobia Untuk Industri Dan Penelitian

Aspergillus niger

Aspergillus niger
Untuk fermentasi pakan ternak

agrotekno77@gmail.com

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright © 2012. MITRA AGROBISNIS DAN AGROINDUSTRI. Telp. 087731375234 - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz