Tuesday, June 4, 2013

Sukses Bisnis Minuman Kemasan Nata De Coco Dan Nata De Cassava

Agrotekno Sarana Industri
 085741862879
Jual Enzym Alfa Amylase, Gluco Amylase, Beta Amylase, Asam Asetat, Bibit Acetobacter xylinum, Saccharomyces sp.

Produk minuman sirup nata de coco dan nata de cassava merupakan produk olahan pangan yang sangat tinggi permintaan baik di dalam negeri ataupun luar negeri. Produk minuman sirup nata de coco dan nata de cassava sangat digemari karena cita rasanya yang segar dan nikmat, serta kandungan seratnya yang tinggi yang baik bagi kesehatan. Minuman sirup nata de coco dan nata de cassava sudah banyak dijumpai di supermarket atau di toko-toko baik produk industri skala besar atau home industri. Saat ini para produsen minuman nata sudah banyak mengembangkan aneka produk berbahan dasar nata de coco sehingga lebih menarik dan lebih memikat konsumen. Harganya lumayan mahal, satu gelas minuman sirup nata de coco atau nata de cassava 220 ml harganya berkisar di atas Rp. 2000. Sedangkan biaya produksi hanya berkisar Rp.700 per kemasan.

Peluang untuk memproduksi minuman kemasan nata de coco atau nata de cassava masih terbuka lebar. Caranya mudah, dan investasi yang dibutuhkan pun tidak besar sehingga bisa dikerjakan dengan skala home industri. Pemasarannya pun relatif mudah yaitu bisa bekerjasama dengan toko-toko, warung, supermarket, atau koperasi sekolah dan lain-lain. Permintaan minuman nata de coco atau nata de cassava meningkat tajam pada saat bulan puasa atau lebaran, dan pada saat musim panas.

Untuk memproduksi minuman kemasan nata de coco atau nata de cassava kita membutuhkan mesin kemasan sederhana (cup sealer) atau dapat dikemas dengan plastik biasa kemudian diikat dengan menggunakan tali. Jika kita ingin memasarkan secara luas tentu kita lebih baik menggunakan kemasan gelas plastik sehingga lebih aman, dan harus mendaftarkan produk kita ke Dinkes untuk mendapatkan sertifikat P-IRT.

Langkah awal dalam pembuatan minuman sirup nata de coco atau nata de cassava adalah perebusan nata hingga mendidih kemudian air rebusan tersebut dibuang untuk menghilangkan aroma yang kurang sedap sehingga diperoleh nata netral 2-3 kali (tawar, tidak berbau dan tidak asam). Setelah itu, dilakukan perebusan dengan penambahan air dan gula sehingga diperolah nata manis. Setelah mendidih, tambahkan larutan sirup yang terdiri dari gula pasir, pemanis, asam sitrat, essence/perisa, garam, dan pengawet makanan.

Untuk meningkatkan daya simpan produk nata de cassava kemasan, maka perlu ditambahkan bahan tambahan sebagai pengawet (Food additives). Bahan pengawet yang biasa digunakan adalah Natrium benzoat (C6H5COONa) berbentuk bubuk putih atau granular. Penggunaan Natrium benzoat sebanyak 0.2 % sudah cukup efektif untuk menghambat pertumbuhan khamir dan bakteri.

Setelah larutan sirup nata mendidih hingga 100˚C kemudian dikemas dengan menggunakan kemasan plastik ukuran 220 ml dengan menggunakan mesin Cup Sealer manual atau mesin otomatis. Proses pengemasan harus dilakukan saat media masih dalam keadaan panas minimal suhu 80˚C agar tidak terjadi kontaminasi mikrobiologis. Jika larutan dimasukan ke dalam kemasan dalam kondisi suhu rendah akan memungkinkan produk menjadi mudah cepat rusak disebabkan terkontaminasi bakteri atau jamur yang berkembang pada produk kemasan minuman sirup nata. Pengisian larutan ke dalam kemasan cup dapat dilakukan secara manual dengan tangan atau menggunakan mesin. Setelah larutan sirup nata dimasukan ke dalam gelas plastik, maka proses penutupan gelas plastik harus segera dilakukan dengan menggunakan cup sealer hingga kencang, rapat, pinggiran tutup cup rapi dan diberi lidah, tutup cup rapat dan tidak bocor, tidak menggembung, dan tidak lengket karena gula. Produk minuman sirup nata kemudian dikemas dengan menggunakan kertas karton yang telah diberi label.

Jual Bibit Bakteri Acetobacter xylinum untuk membuat nata de coco
Bisa kirim jarak jauh!

Rating: 4.5 out of 5

1 comments:

Satria Panatagama

mantap dehhh :D

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Total Pageviews

Jual Aneka Media Mikroba Dan Jasa Uji Lab

AGROTEKNO-LAB

AGROTEKNO-LAB
Jual Aneka Jenis Mikrobia Untuk Industri Dan Penelitian

Aspergillus niger

Aspergillus niger
Untuk fermentasi pakan ternak

agrotekno77@gmail.com

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright © 2012. MITRA AGROBISNIS DAN AGROINDUSTRI. Telp. 087731375234 - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz