Friday, July 19, 2013

Tepung Singkong Modifikasi (Mocaf) Atasi Krisis Terigu Nasional



Agrotekno Sarana Industri
085741862879
Jual Formula Tepung Mocaf

Jual Tepung Mocaf  Harga Rp.6000 / kg kapasitas 5-10 ton per hari



Tepung terigu merupakan bahan dasar aneka produk makanan berasal dari biji gandum. Tepung terigu banyak dibutuhkan oleh konsumen rumah tangga atau industri untuk menghasilkan produk makanan seperti; roti, kue, mie, bakso, dan berbagai makanan kecil lainnya. Tepung terigu memilki kandungan protein yang cukup tinggi, tepung terigu juga mengandung banyak zat pati, yaitu karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air. Kebutuhan terigu di Indonesia berkembang sangat pesat seiring dengan meningkatnya industri berbasis tepung terigu. Sementara Indonesia masih bergantung kepada terigu sebagai komoditas yang harus didatangkan dari luar negeri.oleh karena itu penting sekali membuat terobosan untuk mengatasi ketergantungan Indonesia dengan produk tepung terigu.

Salah satu upaya untuk mengatasi ketergantungan impor terigu adalah menghasilkan produk substitusi terigu dari berbagai komoditas pertanian pangan yang ada dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai produk inovasi pengganti terigu. Saat ini, telah dikembangkan tepung singkong yang dimodifikasi atau dikenal dengan istilah Mocaf (Modified Cassava Flour) yang memiliki kualitas cukup baik untuk mensubstitusi terigu yaitu warnanya putih, lembut, tidak berbau khas singkong, daya simpan lama.Di Indonesia memiliki varietas jenis singkong yang cukup banyak dengan kualitas yang cukup baik serta tingkat produksinya cukup tinggi seperti singkong Darul Hidayah, Meni, Cimanggu, gajah, dan lain-lain dengan kadar rendemen berkisar 25 – 30 %.

Beberapa keunggulan yang dimiliki tepung mocaf dibandingkan dengan terigu adalah tepung mocaf memiliki kadar air lebih rendah yaitu dengan pengeringan yang optimal kadar air mencapai 6.9% sedangkan pada tepung terigu kandungan air mencapai rata-rata 12.0%,sehingga menyebabkan lebih tahan terhadap pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan kerusakan produk. Kadar air mempengaruhi daya simpan produk.

Sedangkan kandungan protein pada tepung mocaf berkisar 1.2 % dan kandungan protein pada tepung terigu berkisar 8-13%. Berdasarkan kandungan proteinnya, tepung mocaf memiliki kandungan protein yang lebih rendah daripada terigu. Sebagaimana kita ketahui bahwa kandungan protein mempengaruhi jumlah gluten yang ada pada tepung. Gluten itu sendiri mempengaruhi kekenyalan dan elastisitas tepung. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa tepung terigu lebih kenyal dan elastis, sehingga hal ini yang menyebabkan tepung mocaf belum mampu menyubstitusi 100% produk-produk yang membutuhkan kekenyalan dan elastisitas tinggi. Semakin tinggi elastisitas dan kekenyalan yang diinginkan terhadap produk yang dibuat maka mixing atau pencampuran tepung mocaf semakin rendah. Sebagai contoh pada proses pembuatan roti basah seperti donat maka prosentase pencampuran tepung mocaf yang ideal hanya mampu 20-25%.

Kandungan abu (ash content) pada tepung mocaf mencapai 0,4% sedangkan pada terigu mencapai1.3%. Kadar abu mempengaruhi warna produk. Kadar abu pada tepung mocaf lebih rendah dibandingkan tepung terigu. Secara kenampakan produk tepung mocaf memiliki warna yang lebih putih dibandingkan dengan tepung terigu.

Kadar pati (starch content) pada tepung kurang lebih 87.3% sedangkan pada tepung terigu berkisar antara 60-68%. Kadar pati tepung mocaf lebih tinggi dibandingkan dengan tepung terigu disebabkan oleh bahan baku singkong kaya dengan karbohidrat yang merupakan sumber pati. Sedangkan kadar serat pada tepung mocaf adalah sekitar 3.4% dan kadar serat pada tepung terigu berkisar 2-2.5%. Kadar serat pada tepung terigu lebih rendah dibandingkan tepung mocaf, ini mengakibatkan tepung terigu memiliki karakteristik lebih lembut dan gelasi yang lebih tinggi dibandingkan tepung mocaf. Sedangkan kadar lemak pada tepung terigu adalah 0.4% sedangkan kadar lemak pada tepung terigu berkisar 1.5%-2%.

Inovasi produk tepung cassava merupakan terobosan baru yang memberikan manfaat banyak khususnya kepada konsumen rumah tangga dan industri-industri makanan yang bergantung pada bahan dasar tepung terigu. Produksi tepung mocaf juga telah banyak memberikan manfaat pada para petani singkong. Saat ini para produsen tepung mocaf telah bekerjasama dengan para petani singkong dengan sistem kemitraan. Hal ini telah banyak membantu para petani untuk meningkatkan kesejahteraan.

Prospek pengembangan bisnis tepung mocaf cukup bagus dilihat dari prospek pasar dan ketersediaan singkong sebagai bahan baku yang cukup melimpah. Ketersediaan bahan baku singkong yang cukup melimpah di dalam negeri menyebabkan biaya produksi bisa lebih efesien dibandingkan dengan produk terigu yang mana bahan gandum masih sebagian besar impor. Ketersediaan bahan baku singkong yang cukup melimpah di Indonesia dengan harga yang relatif murah, kemungkinan kelangkaan produk dapat dihindari karena tidak tergantung dari impor seperti gandum. Dengan biaya produksi yang lebih rendah maka harga jual tepung mocaf bisa lebih murah dibandingkan dengan harga tepung terigu maupun tepung beras. Harga tepung mocaf yang lebih murah dibandingkan dengan terigu menjadi daya tarik yang besar bagi industri-industri makanan yang berbahan baku tepung. Hal ini menjadi peluang bisnis yang cukup menarik karena memiki potensi pasar yang besar dan margin laba yang cukup tinggi.

Rating: 4.5 out of 5

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Total Pageviews

Jual Aneka Media Mikroba Dan Jasa Uji Lab

AGROTEKNO-LAB

AGROTEKNO-LAB
Jual Aneka Jenis Mikrobia Untuk Industri Dan Penelitian

Aspergillus niger

Aspergillus niger
Untuk fermentasi pakan ternak

agrotekno77@gmail.com

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright © 2012. MITRA AGROBISNIS DAN AGROINDUSTRI. Telp. 087731375234 - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz