Sunday, August 25, 2013

Potensi Bisnis Budidaya Kambing Etawa Dan Susu Kambing Etawa

 Agrotekno Sarana Industri
085741862879



A. Prospek Pasar Kambing Etawa

Kambing Etawa adalah salah satu hewan ternak ruminansia yang sedang populer di Indonesia. Jenis kambing ini mulanya didatangkan dari India yang kemudian banyak dibudidayakan di Indonesia sebagai penghasil daging dan susu yang cukup produktif. Beternak kambing Etawa mulai banyak diminati karena cukup menjanjikan sebagai usaha yang dapat dijalankan dengan modal tidak terlalu tinggi, mudah dipelihara karena mudah beradaptasi, kambing peranakan etawa mempunyai harga jual yang baik dan hasilnya juga lumayan. Kambing PE juga memiliki kelebihan yaitu berkembang biak tidak memerlukan waktu yang lama.
 
Pangsa pasar daging kambing Etawa cukup baik karena memiliki tektur dan cita rasa yang baik dan memiliki gizi yang tinggi. Sehingga permintaannya pun cukup tinggi baik domestik maupun manca negara. Selain itu susu kamping Etawa juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai minuman segar berkhasiat tinggi untuk menjaga kesehatan. Ini adalah potensi bisnis yang perlu kita kembangkan di Indonesia sebagai salah satu penopang pendapatan masyarakat dan perbaikan ekonomi masyarakat. Selain itu komoditas daging atau susu etawa dapat menjadi produk unggulan untuk dapat menembus pasar ekspor yang lebih luas yang dapat meningkatkan devisa bagi negara.

Kambing Etawa memiliki ciri-ciri Tinggi kambing jantan berkisar antara 90 cm - 130 cm dan betina mencapai 95cm. Bobot yang jantan bisa mencapai 91 Kg, sedangkan betina mampu mencapai 63 Kg. Telinganya panjang dan terkulai ke bawah, memiliki tanduk meskipun pendek baik jantan atau betina. Dan, mampu menghasilkan susu hingga 3 liter per hari. Keturunan silangan (hibrida) kambing etawa dengan kambing lokal dikenal dengan kambing “Peranakan etawa (PE)” . Kambing PE berukuran hampir sama dengan etawa namun lebih adaptif terhadap lingkungan lokal Indonesia.


B. Khasiat Susu Kambing Etawa
Susu kambing etawa mempunyai manfaat yang lebih baik ketimbang jenis susu yang beredar dipasaran atau susu sapi karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kandungan gizi yang paling memengaruhi kesehatan dan bermanfaat adalah adanya Kandungan Fosfor (p) yang baik untuk otot-otot tubuh,  kalsium (c) kandungan yang bermanfaat untuk pembentukan tulang tubuh menjadi kuat, Sodium (Na) memberikan keseimbangan antara kalsium dengan kalium tubuh, dan yang terakhir adalah kandungan Flourin (F) kandungan flourin yang terdapat pada susu etawa ini bermanfaat baik untuk para pederita TBC asma/ atau sesak nafas. Beberapa manfaat susu kambing etawa adalah sebagai berikut:
  • Mempermudah sitem pencernaan tubuh
    susu kambing etawa mempunyai tekstur berupa butiran lemak yang sangat halus dan lembut, jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya, nah dari lembutnya inilah sehingga dapat dengan mudah dicerna oleh system tubuh kita, susu ini juga aman untuk dikonsumsi alias tidak menyebabkan menceret (diare) bagi si pengkonsumsi rutin dan tentunya akan menyehatkan tubuh.
  • Dapat mengatasi penyakit TBC, Asma.
    kandungan Flourin dan Betakasein yang terdapat pada susu etawa mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit TBC dan Asma. Sehingga susu jenis ini cocok untuk anda yang mempunyai masalah pada system pernafasan.
  • Mampu memberikan dan meningkatkan system ketahanan tubuh
    Susu kambing etawa ternyata juga dapat memberikan perlindungan sistem kekebalan tubuh kita secara alami (imun tubuh akan menjadi lebih kuat) jika mengkonsumsi rutin susu ini. Karena susu kambing etawa mempunyai kandungan flourin yang lebih banyak ketimbang jenis susu yang dihasilkan oleh hewan lainnya (sapi), kandungan flourin  dalam susu ini mempunyai kadar 10 sampai 100 kali dari kandungan flourin susu sapi normal.
  • Bermanfaat baik bagi wanita hamil dan melahirkan
    Manfaat susu kambing etawa untuk wanita hamil adalah memberikan tambahan nutrisi bagi ibu hamil, kesehatan dan kecerdasan pada janin saat dalam kandungan, meningkatkan kecerdasan otak bayi saat lahir.  Sedangkan manfaat baik bagi wanita yang sudah melahirkan adalah dapat memperlancar system Produksi ASI sehingga si ibu dapat memberikan ASI eklusif bagi baby tercintanya.
  • Susu kambing etawa dapat mengatasi penyakit asam urat yang sudah parah dan mampu mengatsi kelainan ginjal.
  • Bermanfaat baik untuk kulit
    Adapun manfaat yang bisa kita ambil dari susu kambing etawa untuk perawatan kulit adalah sebagai berikut: Dapat digunakan untuk masker lulur wajah secara alami sehingga kulit anda terasa sehat, segar, nyaman  serta tidak kusam dan kering, dan yang terakhir adalah Sebagai susu yang mampu mengecilkan pori-pori dalam wajah

C. Teknik Budidaya Kambing Etawa
Teknik budidaya kambing etawa relatif mudah, sebagaimana hewan ruminansia lainnya. Budidaya kambing etawa secara intensif memerlukan kandang yang representatif, ketersediaan pakan dalam jumlah cukup dan berkualitas, serta dilakukan perawatan hewan maupun kandang secara baik. Pakan yang cukup dan berkualitas sangat fital sekali dalam usaha budidaya kambing etawa. Pakan dapat diberikan dalam bentuk rumput dan konsentrat yang dapat menggunakan dedak, ampas singkong, ampas tahu, dan lain-lain. Sanitasi kandang perlu dilakukan secara baik dan teratur sehingga kesehatan kambing terjaga. Langkah-langkah dalam usaha budidaya kambing etawa adalah sebagai berikut:

a. Pembuatan kandang
Kandang untuk pemeliharaan kambing etawa secara intensif sebaiknya dibuat dengan sistem panggung. Luas kandang yang ideal untuk seekor kambing adalah 1-1,5 meter persegi. Agar kambing terlindung dari hujan dan cuaca buruk, maka kandang itu perlu diberi atap dan tutup samping agar kambing tidak dapat bebas berkeliaran.

b. Pengadaan kambing
Pengadaan kambing merupakan hal penting untuk dipertimbangkan secara serius. Pilih kambing indukan yang berkualitas baik yang terjamin. Sebaiknya didatangkan dari peternakan yang sudah terpantau kesehatannya dan berkualitas baik. Setelah kambing tiba di kandang, kemudian diberikan vitamin selama 2 minggu untuk menghilangkan stres yang dialami selama dalam perjalanan.Kambing etawa yang akan dibudidayakan sebagai indukan harus memiliki kriteria sebagai berikut:
  1. Sehat dan tidak cacat tubuh
  2. Berumur antara 1,5-2 tahun
  3. Memiliki garis punggung lurus
  4. Postur tubuhnya tinggi
  5. Tubuhnya berpenampilan gagah dan lincah.
  6. Doyan makan dan pertumbuhannya cepat

c.Pemberian Pakan
Pakan yang diberikan dapat terdiri dari konsentrat dan dedak dengan perbandingan 1: 3 atau penggabungan beberapa bahan pakan dengan perbandingan dedak sebanyak 50%, bungkil kelapa 25%, tepung jagung 15%, bungkil kacang tanah 8%, garam dapur 1%, tepung tulang 0,5% dan kapur 0,5% Sebagai pakan tambahan kepada kambing dapat diberikan rumput rumput, seperti: rumput gajah, rumput setaria, rumput benggala, rumput raja dan rumput alam dan dedaunan, seperti daun lamtoro, daun turi, daun gamal, daun kacang dan daun kaliandra. Pakan tambahan itu dapat diberikan sebanyak 15 – 20% dari berat badan kambing.

d. Pembuatan meter lingkar dada
Meter lingkar dada dibuat untuk mengetahui berat badan kambing yang memakai rumus (X + 22) kuadrat/100. Sebagai contoh lingkar dada seekor kambing 40 cm = X, maka berat badan kambing tersebut adalah (40+22) kuadrat dibagi 100 sama dengan 38,44 kg.




Rating: 4.5 out of 5

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Total Pageviews

Jual Aneka Media Mikroba Dan Jasa Uji Lab

AGROTEKNO-LAB

AGROTEKNO-LAB
Jual Aneka Jenis Mikrobia Untuk Industri Dan Penelitian

Aspergillus niger

Aspergillus niger
Untuk fermentasi pakan ternak

agrotekno77@gmail.com

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright © 2012. MITRA AGROBISNIS DAN AGROINDUSTRI. Telp. 087731375234 - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz