Tuesday, November 26, 2013

Membangun Sektor Perikanan Nasional Secara Sinergis


  



          “Jangan pernah mengannggap enteng sektor perikanan, karena sektor perikanan merupakan sektor ekonomi yang strategis yang memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi nasional sekaligus sebagai penyumbang produk pangan bergizi tinggi. Namun, sektor perikanan hingga kini belum mendapat perhatian yang serius oleh pemerintah maupun investor”, demikian dikatakan oleh Bapak Hermanto dari PT Japfa Confeed dalam sebuah acara diskusi kelompok usaha perikanan di Mina Tajem, Sleman, yang diprakarsai oleh Dinas Perikanan Kabupaten Sleman, 26 November 2013. Dalam acara tersebut, Lukman Adi Sasono salah satu pembicara yang juga dari PT Japfa Confeed menambahkan, bahwa sektor perikanan di Indonesia umumnya belum memiliki managemen yang baik, para pelaku usaha perikanan umumnya belum melakukan recording atau pencatatan semua tentang aktifitas usahanya baik meliputi pengeluaran biaya, pemberian pakan, transaksi dan lain-lain. Oleh karena itu pentingnya pemberian pelatihan secara intensif baik teknis maupun manajemen kepada para pelaku usaha perikanan di Indonesia. Pemberian pelatihan tersebut diharapkan mampu menggenjot produksi sektor perikanan.

            Acara temu kelompok pengusaha perikanan se-kabupaten Sleman, Yogyakarta tersebut digelar tiap 3 bulan sekali dan telah berjalan bertahun-tahun. Melalui acara tersebut dapat saling berbagi pengalaman dan sebagai komunitas persaudaraan dalam rangka memacu produksi sektor perikanan. Acara semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi para kelompok usaha perikanan di daerah lain di Indonesia. Dengan adanya sinergitas antara para pengusaha budidaya perikanan, pemerintah, akademisi, industri pengolahan, produsen pakan, pedagang besar komoditas perikanan, diharapkan mampu memajukan sektor perikanan di tanah air. Pemerintah dalam hal ini, memegang peran yang sangat penting untuk membuat kebijakan yang mendukung berkembangnya sektor perikanan terkait dengan kebijakan ekspor-impor, infrastruktur, birokrasi yang kondusif, atau bantuan-bantuan investasi atau pelatihan kepada para pelaku usaha perikanan. Akademisi juga berperan penting dalam hal riset-riset yang terkait dengan manajemen produksi atau pengembangan teknologi pembibitan. Industri pengolahan ikan sangat diperlukan untuk menghasilkan produk olahan ikan yang memiliki nilai tambah tinggi, sehingga mampu menyerap hasil panen budidaya ikan. Selain itu, para produsen pakan ternak juga memiliki andil yang sangat besar, karena pakan merupakan komponen biaya dalam usaha perikanan mencapai 60-70%, maka para produsen pakan nasional harus mampu menyediakan produk pakan dengan kualitas baik dan harga yang terjangkau.

Komoditas perikanan merupakan komoditas unggulan yang memiliki pasar luas baik dalam negeri atau luar negeri. Indonesia menempati peringkat ke-3 dunia produksi perikanan tangkap pada periode 2003-2007, dengan kenaikan rata-rata produksi sebesar 1,54%. Dan, urutan ke-4 dunia sebagai produsen perikanan budidaya dengan kenaikan rata-rata produksi per tahun sejak 2003 mencapai 8,79%. Oleh karena itu, Indonesia memiliki kesempatan untuk menjadi penghasil produk perikanan terbesar dunia karena memiliki wilayah yang sangat luas. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Indonesia dari dulu hingga sekarang dikenal sebagai negara maritim dengan luas laut sekitar 3,544 juta km2 atau sekitar 70% dari wilayah Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan sektor perikanan.

Indonesia memiliki potensi ekonomi sumber daya sektor perikanan diperkirakan mencapai US$ 82 miliar per tahun. Potensi tersebut meliputi: potensi perikanan tangkap sebesar US$ 15,1 miliar per tahun, potensi budidaya laut sebesar US$ 46,7 miliar per tahun, potensi peraian umum sebesar US$ 1,1 miliar per tahun, potensi budidaya tambak sebesar US$ 10 miliar per tahun, potensi budidaya air tawar sebesar US$ 5,2 miliar per tahun, dan potensi bioteknologi kelautan sebesar US$ 4 miliar per tahun. Potensi yang besar tersebut yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, harus terus dikembangkan sebagai produk unggulan yang mampu memberikan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Salam Sukses Selalu (S3) para pengusaha perikanan, Kita Bisa!!!

Agrotekno Sarana Industri / 085741862879
Jual Aneka Probiotik Untuk Meningkatkan FCR, Fermentasi Pakan, 
Menjaga Keseimbangan Mikroflora Akuatik : Aspergillus niger, Aspergillus oryzae, Saccharomyces sp. Lactobacillus sp., Bacillus sp.,  dll



Rating: 4.5 out of 5

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Total Pageviews

Jual Aneka Media Mikroba Dan Jasa Uji Lab

AGROTEKNO-LAB

AGROTEKNO-LAB
Jual Aneka Jenis Mikrobia Untuk Industri Dan Penelitian

Aspergillus niger

Aspergillus niger
Untuk fermentasi pakan ternak

agrotekno77@gmail.com

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright © 2012. MITRA AGROBISNIS DAN AGROINDUSTRI. Telp. 087731375234 - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz