Friday, December 13, 2013

Bisnis Budidaya Salak Pondoh Di Masa Pensiun





Salak Pondoh Oleh-Oleh Primadona Khas Jogja
Salak adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Di Indonesia terdapat cukup banyak jenis variates salak. Salah satu jenis salak yang cukup populer di Indonesia adalah jenis salak pondoh. Salak pondoh banyak diminati konsumen karena rasanya yang manis, masir, tidak sepat, dan ukurannya sedang. Salak pondoh merupakan kultivar yang banyak dibudidayakan di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta. Salak pondoh menjadi salah satu produk oleh-oleh khas Yogyakarta yang banyak dicari para wisatawan. Yogyakarta, selain dikenal sebagai kota pendidikan, juga dikenal sebagai kota pariwisata, sehingga sangat strategis bagi berkembangnya industri oleh-oleh. Selain dikonsumsi dalam keadaan segar, salak pondoh juga telah banyak diolah menjadi produk olahan seperti minuman sirup buah salak, dodol salak, keripik salak, dan lain-lain. permintaan buah salak pondoh maupun produk olahannya sangat tinggi sehingga menjadikan budidaya salak pondoh sebagai bisnis yang menarik. Adalah Bapak Sihono, seorang petani asal Sleman mengaku bahwa: "budidaya salak pondoh sangat mudah, untungnya lumayan, dan bisa jadi bisnis sambilan menikmati pensiun dan hari tua".

Salak merupakan jenis tanaman palmae yang mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, sehingga mudah untuk dibudidayakan. Tanaman salak termasuk suku pinang-pinangan, ordo Spadiceflorae, famili Palmaceae dengan beberapa spesies Salacca conferta, Salacca adulis, Salacca affinis, Salacca globoscans, dan Salacca wulliciana. Tanaman salak termasuk tanaman yang tidak berbatang sejati, berumah dua, berakar serabut, berbatang keras tetapi tidak mudah rebah. Tanaman ini tumbuh baik pada ketinggian antara 0-700 meter di atas permukaan laut pada tanah yang subur dan gembur. Tanaman salak merupakan tanaman berumah dua, sehingga dapat diidentifikasikan tanaman jantan dan tanaman betina yang ditandai dengan adanya bunya jantan yang memiliki serbuk sari dan bunga betina tempat terjadinya pembuahan. Buah salak akan dapat produksi maksimal jika proses penyerbukannya dibantu secara manual dengan mengawinkan bunga jantan dan betina. Perakaran salak pondoh terdiri dari akar serabut, yang sebagian besar berada di dalam tanah dan sebagian lagi muncul dipermukaan tanah. Pada bagian batang atau akar dapat tumbuh tunas yang dapat dikembangbiakan sebagai bibit. Perkembangan akar salak pondoh dipengaruhi oleh cara pengolahan tanah, pemupukan, tekstur tanah, sifat fisik dan kimia tanah, air tanah, lapisan bawah tanah, dan lain-lain.
Masa panen buah salak pondoh berkisar 2 tahun dari masa tanam. Salak pondoh yang siap dipanen memiliki warna kulit buah bersih dan mengilap, bila dipegang terasa empuk dan kulitnya tidak keras serta beraroma khas. Variasi panjang, diameter, dan berat buah salak dipengaruhi oleh kultivar serta letak buah salak pada tandannya. Buah salak terdiri dari tiga bagian, yaitu kulit buah, daging buah yang diselubungi selaput tipis dan biji. Setiap buah salak pondoh memiliki satu biji, berwarna coklat kehitam-hitaman, keras, dan pada biji terdapat sisi cembung dan sisi datar. Buah salak pondoh muda rasanya manis dan ggurih, sedangkan buah salak pondoh tua rasanya manis, gurih, dan masir.

Beberapa referensi menyebutkan bahwa buah salak pondoh yang terdapat di Kabupaten Sleman terdapat tiga jenis, yaitu Pondoh Hitam, Pondoh Super, dan Pondoh Manggala yang memiliki kulit bersisik yang tersusun rapi seperti genteng dan berduri halus serta biji berwarna coklat kehitaman. Warna kulit maupun warna daging buah dari ketiga jenis salak pondoh tersebut berbeda-beda, Salak Pondoh Hitam memiliki warna kulit buah hitam kelam dan aging buah berwarna putih susu, kulit buah Salak Pondoh Super berwarna coklat kekuningan dan daging buahnya berwarna coklat kekuningan, serta Salak Pondoh Manggala memiliki kulit buah berwarna coklat kekuningan dan sisik pada bagian pangkal kulit buah tersusun membentuk lorek (ada warna putih diantara sisik) serat daging buahnya berwarna putih susu.

Teknik Budidaya Salak Pondoh
1. Penyiapan Bibit
Sebelum melakukan budidaya salak, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bibit. Bibit dipilih yang memiliki kualitas baik berasal dari induk tanaman yang telah terbukti menghasilkan buah dengan hasil yang maksimal dan kualitas baik. Mengenai pemilihan bibit ini ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Cara memperoleh bibit tanaman buah-buahan pada umumnya dapat diperoleh dengan 2 cara, yaitu:
  1. Generatif
Bibit tanaman yang diperoleh dengan cara generative berasal dari biji yang dibenihkan. Cara generative ini jarang dilaksanakan karena memiliki beberapa kelemahan, yaitu buah yang dihasilkan dalam waktu yang lama, sifat buah yang dihasilkan akan berbeda dengan sifat induk. Jika bibit yang diperoleh dengan cara generative maka akan memerlukan waktu yang lama untuk dapat berbuah, yaitu sekitar 8-10 tahun. Hal itu karena tumbuhan harus memulai fase vegetative dengan menyediakan akar, batang dan daun terlebih dahulu sampai besar, baru fase generative untuk berbunga dan berbuah.
  1. Vegetatif
    Bibit tanaman yang diperoleh tidak berasal dari biji, namun dari bagian lain dari tumbuhan seperti; akar, batang, dan daun. Keuntungan perkembang biakkan vegetative adalah tumbuhan hasil perkembangbiakkan cepat menghasilkan buah, hasil buah akan sama dengan sifat induknya, sifat induk dapat dipertahankan sampai keturunan selanjutnya. Dengan cara perkembangbiakan vegetative lebi cepar berbuah karena tumbuhan sudah memiliki organ tubuh yang lengkap yaitu akar, batang, dan daun. Sehingga tumbuhan tinggal melaksanakan fase generative yaitu berbunga dan berbuah.
2. Pengolahan Lahan
Proses pengolahan tanah harus direncanakan dengan baik, yaitu meliputi:
Pembuatan saluran air di sekitar kebun pada waktu musim penghujan air tidak menggenang yang dapat menyebabkan penyakit busuk akar pada tanaman salak.
Kemudian, pengaturan jarak tanam yaitu berikisar 2 x 2 m2 atau 1.5 x 1.5 m2 dengan jumlah tanaman 1.800 rumpun per hektar. Selain itu, ada tambahan bahwa untuk tanah yang subur, jarak tanam antara tumbuhan satu dengan yang lain lebih luas dibandingkan tanah yang kritis. Pembuatan lubang tanam dengan ukuran lubang tanam adalah 50 x 50 x 50 cm atau 75 x 75 x 75 cm. Setelah pembuatan lubang selesai, lubang dibiarkan dahulu selama 3 minggu agar terkena sinar matahari. Selain itu, kedalaman lubang ditambahkan pupuk kandang atau pupuk kompos kira-kira 15 kg. Masukkan kembali tanah yang telah berisi pupuk, tunggu selama 1 minggu baru dapat ditanami dengan tanaman salak pondoh

3. Penanaman
Penanaman bibit salak pondoh sebaiknya dilakasanakan pada awal musim hujan yaitu sekitar bulan Nopember. Sebab selain udara yang sejuk, juga tersedianya air yang cukup pada musim hujan, sehingga tumbuhan salak pondoh cepat tumbuh dengan baik. Proses penanaman dilakukan setelah bibit disiapkan dan dipilih / diseleksi bibit yang berkualitas.

4. Pemeliharaan
Masa pemeliharaan adalah masa yang menentukan apakah salak dapat berproduksi optimal atau tidak. Oleh karena itu penting sekali untuk diperhatikan. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk peratawatan tanaman salak antara lain yaitu: 1). Penyulaman yaitu mengganti bibit tanaman yang sudah ditanam karena mati atau terserang penyakit; 2). Pemupukan susulan yaitu dengan menambahkan pupuk kimia berupa pupuk KCL, Urea, NPK, TSP, dan kompos; 3). Penggemburan tanah untuk menjaga agar tanah tetap gembur. Tanah yang gembur mempermudah akar untuk bernapas dan dapat bergerak dengan leluasa untuk mencari sumber air atau sumber makanan, sehingga tumbuhan salak pondoh dapat tumbuh dengan subur; 4). Penyiangan adalah kegiatan pembuangan rumput liar di sekitar tanaman salak pondoh; 5). Pengairan; 6). Pemangkasan daun yang sudah tua dan tunas anakan yang terlalu banyak; 7). Penyerbukan bunga jantan ke bunga betina.

5. Proses Pemanenan
Panen dapat dilakukan dengan memotong tangkai buah salak dengan menggunakan pisau cutting atu gergaji. Kemudian tampung dengan menggunakan ember atau karung. Buah dapat segera dipasarkan atau diolah menjadi produk olahan yang memiliki nilai jual lebih.

Semoga bermanfaat!
Jual Bibit Salak Pondoh
085741862879
Rating: 4.5 out of 5
◄ Posting Baru Posting Lama ►

Total Pageviews

Jual Aneka Media Mikroba Dan Jasa Uji Lab

AGROTEKNO-LAB

AGROTEKNO-LAB
Jual Aneka Jenis Mikrobia Untuk Industri Dan Penelitian

Aspergillus niger

Aspergillus niger
Untuk fermentasi pakan ternak

agrotekno77@gmail.com

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright © 2012. MITRA AGROBISNIS DAN AGROINDUSTRI. Telp. 087731375234 - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz