Wednesday, March 19, 2014

Peluang Bisnis Mengolah Susu Menjadi Yogurt



Agrotekno Sarana Industri
85741862879
Jual Bibit Yogurt


Yogurt merupakan salah satu produk olahan dari susu dengan perlakuan fermentasi bakteri asam laktat sehingga kandungan gizi meningkat dan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Biasanya yoghurt  sering dikenal sebagai susu asam yang digunakan sebagai pengganti susu bagi yang mempunyai alergi terhadap susu sapi. Yoghurt juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah jika dikonsumsi secara rutin setiap hari. saat ini produk yogurt sudah mulai banyak dipasarkan di toko-toko dan supermarket dengan aneka kemasan botol plastik atau kaca. Harga nya pun relatif tinggi, satu kemasan ukuran 350 ml mencapai Rp.6000 - Rp.8.000 dengan berbagai cita rasa aneka sari buah. 

Untuk membuat yogurt tidaklah sulit, sehingga kita dapat membuatnya sendiri untuk dikonsumsi sendiri atau dipasarkan. alat yang dibutuhkan pun relatif sederhana. Pada umumnya yoghurt terdiri dari 2 macam, yaitu yoghurt plain (yoghurt tanpa tambahan rasa) dan drink yoghurt (yoghurt yang ditambahkan perasa). Drink yoghurt sendiri tersedia dalam berbagai rasa yang enak, mulai dari rasa buah, strawberry, vanilla dan coklat yang dapat dibeli di toko-toko dan supermarket terdekat. Untuk itu bagi penggemar yoghurt yang ingin membuat yoghurt sendiri, dapat menyimak pembahasan cara membuat yoghurt dengan mudah dan praktis berikut ini :


Bahan :
- 1 liter susu murni
- Bibit yoghurt 5% dari banyaknya susu murni atau Yoghurt plain (yoghurt tanpa rasa)

Cara Membuat :
  • Panaskan susu sapi murni sambil diaduk-aduk selama 30 menit diatas api kecil, tetapi jangan dibiarkan hingga mendidih. Langkah ini bertujuan untuk menguapkan air sehingga tidak terbentuk gumpalan atau solid yoghurt.
  • Setelah itu angkat solid yoghurt, kemudian dinginkan hingga hangat kuku, lalu tambahkan bibit yoghurt sebanyak 2-5% dari jumlah yoghurt yang telah mengental tadi.
  • Diamkan selama 24 jam dalam wadah yang tertutup rapat, agar menghasilkan rasa asam dan yoghurt yang kental. Semakin tinggi total solid yang terbentuk akan mendapatkan yoghurt dengan hasil yang semakin baik. 
  • Setelah berbentuk yoghurt, anda dapat menambahkan sirup atau gula sesuai selera (bagi yang tidak suka dengan rasa yoghurt yang terlalu asam), atau bisa juga ditambahkan dengan rasa jeruk, strawberry, coklat dan sebaginya.
  • Jika anda ingin menyimpan yoghurt dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya simpanlah yoghurt kedalam wadah kaca agar yoghurt dapat bertahan lebih lama. 
Rating: 4.5 out of 5

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Total Pageviews

Jual Aneka Media Mikroba Dan Jasa Uji Lab

AGROTEKNO-LAB

AGROTEKNO-LAB
Jual Aneka Jenis Mikrobia Untuk Industri Dan Penelitian

Aspergillus niger

Aspergillus niger
Untuk fermentasi pakan ternak

agrotekno77@gmail.com

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright © 2012. MITRA AGROBISNIS DAN AGROINDUSTRI. Telp. 087731375234 - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz