Saturday, May 23, 2015

Peluang Bisnis Mengolah Singkong Menjadi Tepung Mocaf






Tepung terigu merupakan salah satu bahan dasar  kebutuhan rumah tangga dan industri-industri makanan. Tepung terigu banyak digunakan sebagai bahan dasar  berbagai macam produk olahan seperti mie, roti, kue dan berbagai aneka makanan kecil. Tepung terigu menjadi bahan baku yang penting bagi masyarakat Indonesia sebagai bahan dasar produk-produk makanan. Indonesia memiliki konsumsi yang besar terhadap produk tepung terigu, sedangkan Indonesia bukan produsen tepung terigu sehingga selama ini kita masih impor dari negara lain.
Ketergantungan tepung terigu impor murupakan hal yang memprihatinkan karena semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan berkembangnya industri berbahan baku tepung dan semakin bertambahnya jumlah penduduk. Oleh karena itu penting sekali melakukan terobosan produk alternatif pengganti terigu dengan berbahan baku lokal. Pengembangan bahan-bahan substitusi tersebut tentu dapat mengurangi ketergantungan terhadap gandum impor, dan menghemat devisa. Saat ini telah dikembangkan modifikasi tepung singkong yang mampu menyubstitusi tepung terigu. Tepung singkong yang telah dimodifikasi dengan perlakuan fermentasi memiliki karakteristik mirip terigu sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengganti terigu atau campuran terigu. Tepung singkong yang dimodifikasi ini  dikenal dengan nama Mocaf (modified cassava flour) dan berbagai merk dagang telah beredar di pasaran.
Inovasi produk tepung mocaf merupakan terobosan baru yang telah  memberi manfaat  banyak fihak antara lain; industri-industri makanan yang bergantung pada bahan dasar tepung terigu, konsumen rumah tangga, para petani singkong, investor, pengembangan tehnologi, dan pengentasan pengangguran. Pemasaran produk tepung mocaf sudah semakin meluas, banyak industri-industri besar telah bekerjasama dengan para produsen tepung mocaf untuk memenuhi sebagian dari kebutuhan bahan baku tepung. Selain itu, konsumen rumah tangga pun sudah mulai familier dengan tepung mocaf. Hal ini ditunjukan beberapa tepung mocaf kemasan telah beredar di pasaran baik di pasar-pasar atau di supermarket. Harganya yang lebih murah dan kualitasnya cukup bagus untuk menyubstitusi terigu, menjadi daya tarik cukup besar khususnya bagi kalangan industri makanan berbahan baku tepung terigu untuk menekan biaya produksi.
Terobosan yang spektakuler ini telah memicu dunia usaha untuk berbisnis tepung mocaf. Berbagai macam teknik telah dikembangkan untuk menghasilkan karakteristik tepung mocaf  dengan kualitas yang lebih baik meliputi kandungan nutrisi maupun kenampakan. Bermunculannya para produsen tepung mocaf telah banyak memberikan manfaat yang besar bagi banyak kalangan antara lain membuka lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan para petani singkong, investor, pelaku usaha, dan konsumen.
Prospek  pengembangan bisnis tepung mocaf cukup bagus dilihat dari prospek pasar dan ketersediaan singkong sebagai bahan baku yang cukup melimpah. Ketersediaan bahan baku singkong  yang cukup melimpah di dalam negeri merupakan potensi yang memungkinkan bisnis tepung mocaf sangat potensial dikembangkan di Indonesia.

Namun, ada beberapa kendala dalam pengembangan industri tepung mocaf di Indonesia antara lain adalah; kontinuitas bahan baku singkong yang tidak stabil, harga singkong yang masih fluktuasi, masih harus bersaing ketat dengan harga tepung terigu impor, manajemen pertanian singkong yang belum baik, perijinan usaha yang masih rumit, kurangnya perhatian dan dukungan pemerintah. Pengembangan industri tepung mocaf perlu didukung oleh kontinuitas bahan baku singkong dan harga yang layak untuk industri. Di beberapa daerah produksi singkong hanya setahun sekali dan serempak, sehingga pada musim panen singkong melimpah, dan pada bulan-bulan tertentu tidak mampu panen sehingga singkong menjadi mahal dan tidak layak sebagai bahan baku industri tepung. Hal ini perlu adanya upaya manajemen pertanian singkong yang baik yang perlu dibina oleh perusahaan atau dinas pertanian. Berkembangnya berbagai industri berbasis singkong menyebabkan kebutuhan singkong meningkat, diantaranya industri bioetanol, industri tapioka, gula cair, makanan camilan, dan lain-lain. Di Indonesia birokrasi dan perijinan usaha masih cukup rumit, hal ini menyebabkan  para pelaku usaha kecil menengah enggan untuk memasuki bisnis produksi tepung mocaf. Dukungan pemerintah sangat diperlukan agar industri tepung mocaf mampu berkembang dan bersaing dengan terigu yaitu dengan melakukan pembatasan impor terigu, bantuan terhadap petani untuk meningkatkan produksi bahan baku singkong, pelatihan industri tepung mocaf dan bantuan peralatan bagi industri kecil dan menengah. Semoga hal ini mampu memacu berkembangan tepung mocaf dan meminimalisir ketergantungan tepung terigu impor.



Jual Formula Tepung Mocaf
telp.087731375234

Rating: 4.5 out of 5

3 comments:

cara menurunkan berat badan dengan cepat

makasih banyak informasinya

Stress Penyebab Maag Tertinggi

nambah ilmu

Mie Instan Berbahaya Bagi Penderita Maag

bagus artikelnya

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Total Pageviews

Jual Aneka Media Mikroba Dan Jasa Uji Lab

AGROTEKNO-LAB

AGROTEKNO-LAB
Jual Aneka Jenis Mikrobia Untuk Industri Dan Penelitian

Aspergillus niger

Aspergillus niger
Untuk fermentasi pakan ternak

agrotekno77@gmail.com

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright © 2012. MITRA AGROBISNIS DAN AGROINDUSTRI. Telp. 087731375234 - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz