Friday, August 28, 2015

Mengolah Limbah Cucian Beras Menjadi Nata



Agrotekno Lab
087731375234
Jual Bibit Bakteri Acetobacter xylinum


Leri adalah limbah cairan pencucian beras yang seringkali dibuang begitu saja. Leri masih memiliki kandungan nutrisi yang masih cukup tinggi yaitu; gula, karbohidrat, vitamin B1. Alangkah sayangnya jika leri yang masih memiliki kandungan nutrisi cukup baik ini tidak termanfaatkan menjadi produk bernilai ekonomis. Salah satu upaya untuk mengubah leri menjadi produk bernilai ekonomis adalah dengan mengolahnya menjadi produk nata, nata berbahan baku leri ini dikenal dengan nata de leri.
Nata de leri memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan nata dari bahan baku lainnya. Nata de leri memiliki kadar serat yang cukup tinggi, warna putih, dan kenyal. Proses pembuatan nata de leri secara umum sama dengan proses pembuatan nata dari bahan lainnya yaitu dengan memanfaatkan bakteri Acetobacter xylinum. Proses fermentasi oleh bakteri Acetobacter xylinum pada bahan leri mengubah kandungan karbohidrat menjadi serat selulosa yang bersifat kenyal (nata). Proses pembuatan nata de leri membutuhkan bahan tambahan ammonium sulfat (ZA) bisa dibeli di toko kimia, dan gula pasir.
Proses pembuatan nata de leri adalah sebagai berikut:

Bahan baku dan bahan pembantu:
1.       Air cucian beras sebanyak 5 liter.
2.       Amonium sulfat (ZA) 50 gram sebagai sumber nutrisi unsur Nitrogen (N)
3.       Gula pasir 50 gram sebagai sumber nutrisi unsur Carbon (C)
4.       Asam asetat atau cuku secukupnya untuk menurunkan keasaman (pH 3-4).
5.       Bakteri Acetobacter Xylinum


Bibit Bakteri Acetobacter xylinum


Cara membuat:
1.          Saring air leri yang sudah asam (dibiarkan 3-4 hari) dengan menggunakan saringan secara manual.
2.          Rebus hingga mendidih dengan menggunakan tungku kayu bakar atau kompor. Tambahkan ZA dan gula pasir. Proses perebusan berfungsi untuk sterilisasi yaitu membutunuh mikroba kontaminan. 
3.          Masukan larutan leri ke dalam nampan plastik. Tutup dengan kertas, dan ikat dengan tali karet. Proses ini dilakukan di atas meja atau rak, nampan dapat disusun bertingkat saling bersilangan 5-7 nampan.
4.          Setelah dingin kurang lebih 7 jam, tambahkan bibit bakteri Acetobacter xylinum 10% dari larutan. Cara melakukannya buka salah satu sudut nampan, dan tuangkan, ikat kembali. Lakukan dengan hati-hati dan cepat. Jangan lupa menutupnya dengan segera agar tidak terkominasi mikroba lain melalui kontak udara luar.
5.          Inkubasi 8-9 hari pada suhu ruang 28 – 32 C.
6.          Lakukan pemanenan nata de leri yang masih dalam bentuk lembaran
7.          Cuci bersih, lakukan pemotongan menjadi bentuk dadu dengan menggunakan gunting, kemudian bisa diolah menjadi sirup atau cocktail.


Rating: 4.5 out of 5

1 comments:

http://distributorherbal.web.id/

wah infonya menarik untuk dikunjungi, terimakasih banyak. ditunggu juga informasi yang lainnya ya http://distributorherbal.web.id/

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Total Pageviews

Jual Aneka Media Mikroba Dan Jasa Uji Lab

AGROTEKNO-LAB

AGROTEKNO-LAB
Jual Aneka Jenis Mikrobia Untuk Industri Dan Penelitian

Aspergillus niger

Aspergillus niger
Untuk fermentasi pakan ternak

agrotekno77@gmail.com

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget
 

Copyright © 2012. MITRA AGROBISNIS DAN AGROINDUSTRI. Telp. 087731375234 - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz